Better Life With 7 Habits

    Better Life With 7 Habits

    Better Life With 7 Habits

    Persaingan global yang telah dibuka sejak diberlakukannya pasar bebas baik di tingkat ASEAN maupun dunia telah merubah berbagai hal dalam kehidupan bermasyarakat. Tidak terkecuali juga dengan kehidupan pelajar. Dewasa ini, tantangan sebagai pelajar semakin besar, pelajar tidak hanya mampu berprestasi dengan nilai tinggi saja, namun juga perlu di imbangi dengan kemampuan-kemanpuan yang bersifat pengembangan diri sehingga mampu bersaing dengan pelajar-pelajar yang berasal dari Negara lain.

    Kemampuan yang sifatnya soft skill sebenarnya bisa diperoleh siswa / siswi atau pelajar dari berbagai sumber, mulai dari mengikuti kegiatan ekstra kulikuler di sekolah, berdiskusi dengan guru BP (Konselor Sekolah) maupun mengikuti pelatihan / seminar dengan berbagai topic yang dapat meningkatkan kemampuan diri pelajar.

    Salah satu soft skill yang perlu dimiliki oleh pelajar adalah yang terkait dengan bagaimana mengatur kehidupannya sendiri serta berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal ini menjadi penting, karena dengan hal ini, maka seorang pelajar dapat hidup dengan lebih baik.

    Sebuah buku yang dikarang oleh Stephen R. Covey dengan judul The Seven Habits of Highly Effective People (Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif) bisa menjadi salah satu bekal yang dapat diberikan kepada para pelajar dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Dalam buku ini diberikan materi-materi yang terkait dengan bekal keterampilan menganalitis, kreatif, kerja sama dalam tim, memimpin diri sendiri, dan berbaur dengan beragam latar belakang manusia. The Seven Habits of Highly Effective People, dalam buku ini  digambarkan mengenai tujuh kebiasaaan menuju gerbang kesuksesan dalam jangka panjang. Ketujuh kebiasaan itu  terdiri dari;  jadilah proaktif; mulai dengan tujuan akhir (visi dan misi); menetapkan prioritas; berpikir menang/menang; memahami dulu baru dipahami; wujudkan sinergi; dan 'mengasah gergaji,' beraktivitas secara teratur dan positif.

    Sebagai peran serta terhadap peningkatan kualitas pelajar yang ada di kota Palembang, maka pada hari sabtu yang lalu ( 22 April 2017), kampus MDP mengadakan seminar yang mengangkat tema “ Better life with 7 habits ”. Acara yang digagas oleh Senat Mahasiswa STIE MDP ini diikuti sekitar 200 orang pelajar tingkat SMA yang berasal dari 18 sekolah baik SMA mapun SMK se Kota Palembang. Acara yang dikemas dalam bentuk seminar ini memberikan pemahaman kepada pelajar untuk hidup lebih efektif dengan memanfaat 7 kebiasaan yang baik. Dalam acara ini juga disertakan games (permainan interaktif) dan aktifitas-aktifitas lainnya sehingga lebih menarik untuk diikuti. Menurut salah satu pelajar yang dimintai pendapatnya terkait kegiatan ini, mengatakan bahwa para pelajar sangat membutuhkan kegiatan-kegiatan serupa dengan berbagai tema, hal ini sangat penting agar para pelajar bisa menata hidupnya lebih baik. Selain itu, melalui kegiatan seperti ini, para pelajar dapat berinteaksi dan saling mengenal sesama pelajar lainnya di kota Palembang.

    Ketua pelaksana Gress Shelly yang di damping oleh Ketua Senat STIE MDP menyatakan bahwa, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Senat terutama pada bidang pelatihan. Kedepannya akan dilakukan kegiatan seminar dengan topik-topik menarik lainnya. (121074) 

     

Back to Top