Ditlantas Gandeng STMIK MDP Luncurkan Aplikasi Klik Traffic

    Ditlantas Gandeng STMIK MDP Luncurkan Aplikasi Klik Traffic

    SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Berawal dari melihat banyaknya antrian para wajib pajak yang hendak membayar pajak harus rela antri dan menunggu lama hingga berjam-jam lamanya, membuat Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumsel terus berpikir inovatif dengan membuat terobosan-terobosan terbaru untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
     
    Berkerja sama dengan STMIK MDP Palembang, Ditlantas Polda Sumsel akhirnya membuat terobosan dengan meluncurkan program aplikasi Klik Traffic.
     
    Dimana, di dalam aplikasi tersebut ada fitur 'antrian Samsat online' yang berfungsi agar masyarakat tak perlu berlama-lama lagi mengantri secara manual dalam melakukan pengurusan pajak di kantor Samsat.
     
    "Jadi, masyarakat yang hendak melakukan urusan di kantor Samsat seperti pengesahan pajak dapat membooking nomor antrian di dalam aplikasi Klik Traffic," ungkap Direktur Ditlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Raden Slamet Santoso, Kamis (2/3/2017).
     
    Dijelaskan Raden, saat masyarakat sudah membooking nomor antrian tersebut, nantinya keluar nomor urutan yang bersangkutan. 
     
    Selain itu, ada pemberitahuan nomor berapa yang sudah berjalan atau dalam pelayanan petugas.
     
    "Contoh, si Slamet membooking nomor antrian dan keluar nomor urut 30. Sedangkan saat itu nomor yang berjalan baru nomor 5. Jadi Slamet bisa mengerjakan hal lain dulu," terangnya.
     
    Dikatakan Slamet, lamanya waktu pengerjaan satu Pokja atau antrian oleh petugas dalam melakukan pengurusan di kantor Samsat yaitu sekitar 10 hingga 15 menit.
     
    "Kalau kita dapat nomor antrian 30 sedangkan yang sedang berjalan nomor 5, jadi kita masih bisa mengira berapa lama lagi waktu panggilan antrian kita," jelasnya.
     
    Selain fitur antrian Samsat online, diungkapkan Raden, di dalam klik Traffic juga ada 15 fitur canggih lainnya. Seperti, daftar SIM online, pajak online, Simmade dan juga masyarakat dapat mengakses kamera CCTV di Palembang untuk melihat kemacetan.
    Kemudian, masyarakat juga dapat memberitahukan adanya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di sekitar Palembang dan sekitarnya.
     
     
    "Masyarakat yang melihat kecelakaan dapat langsung mengakses Klik Traffic dan mengirim foto serta lokasi kejadian. Selanjutnya, petugas RTMC yang menerima laporan langsung menindak lanjuti dengan melaporkan kepada petugas terdekat," terangnya.
    Masih dikatakan Raden, aplikasi Klik Traffic yang dilaunching 1 Maret 2017 ini, dibuat bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan juga dalam memberikan pelayanan yang baik dan profesional.
     
    "Masyarakat tinggal mendownload aplikasi Klik Traffic ini di Play Store handphone berbasis Android masing-masing. Aplikasi ini merupakan kerjasama kita dengan MDP," katanya.
     
    Sementara itu, Pembantu Ketua III STMIK MDP Palembang, Wahyu, mengatakan, pihaknya sangat mendukung tugas Kepolisian dengan cara membuat aplikasi Klik Traffic ini.
     
    Dimana, lamanya pembuatan aplikasi memakan waktu pengerjaan selama satu bulan yang dikerjakan oleh para mahasiswa.
    "Keunggulan aplikasi ini ialah lebih lengkap dan di dalamnya ada fitur - fitur canggih yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata dia.
     
    Untuk mengantisipasi padatnya lalu lintas data pada aplikasi tersebut, dikatakan Wahyu, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan setiap minggunya.
     
    "Kita sudah antisipasi errornya aplikasi saat diakses masyarakat. Tapi, memang setiap kesalahan ataupun errornya aplikasi akan kita lakukan evaluasi untuk lebih baik kedepannya," terangnya.
     
Back to Top