DOSEN STIE MULTI DATA PALEMBANG MELAKUKAN BINAAN KEPADA USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI KOTA PALEMBANG

    DOSEN STIE MULTI DATA PALEMBANG MELAKUKAN BINAAN KEPADA USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI KOTA PALEMBANG

    DOSEN STIE MULTI DATA PALEMBANG MELAKUKAN BINAAN KEPADA USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI KOTA PALEMBANG

            Tugas utama dosen adalah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Guna memenuhi salah satu tugas tersebut dilakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pembinaan ke UMKM yang ada di kota palembang. Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan oleh tiga orang dosen STIE Multi Data Palembang yaitu Megawati, S.E., M.Si., Sri Megawati Elizabeth, S.E., M.Si dan Kathryn Sugara, S.E., M.Si. Pembinaan diberikan kepada dua pelaku usaha mikro yang menjalankan usaha budidaya jamur tiram yang terletak di kota palembang. Kegiatan ini didanai sepenuhnya oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, DRPM Kemenristek Dikti. Biasanya disebut dengan hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk tahun 2018. Jangka waktu pembinaan dilakukan selama kurang lebih enam bulan yang dimulai pada bulan April sampai dengan september 2018. 

            Permasalahan yang dihadapi oleh kedua mitra antara lain kapasitas produksi yang rendah yang tidak mampu memenuhi permintaan pasar dikarenakan kurangnya peralatan atau mesin yang digunakan untuk pembibitan jamur tiram, minimnya pemahaman mengenai pemasaran dan promosi, belum diberlakukannya pembukuan usaha serta masalah permodalan. Selama beberapa bulan pembinaan dilaksanakan kedua mitra diberikan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan mengenai peningkatan usaha seperti pelatihan inovasi produk, pelatihan pemasaran dan promosi, pelatihan pembuatan blog, pelatihan pembukuan usaha, dan pelatihan pembudidayaan jamur. Selain diberikan pelatihan kedua mitra juga diberikan bantuan berupa peralatan untuk produksi dan atribut promosi. Peralatan produksi tersebut berupa mesin pres baglog, mesin pompa steam, mesin pres kemasan, mesin aduk bibit jamur, sedangkan atribut promosi yang diberikan berupa kartu nama dan sticker kemasan untuk promosi usaha.

            Hasil monitoring dan evaluasi kegiatan pembinaan kepada kedua mitra tersebut, ternyata mampu memberikan dampak positif terhadap kelangsungan usaha mitra pada saat ini serta perkembangan usaha kedua mitra pada masa yang akan datang. Dampak positif yang dirasakan oleh kedua mitra yang menjadi peserta kegiatan PKM adalah meningkatnya kapasitas produksi, adanya alternatif produk inovasi jamur olahan, peningkatan kemampuan pemasaran dan promosi, dan peningkatan kemampuan pembukuan usaha.

Back to Top