Festival Ramadhan 2018 Kampus MDP Palembang

    Festival Ramadhan 2018 Kampus MDP Palembang

    Dalam rangka menyemarakkan Bulan Ramadhan yang penuh berkah, Senat Mahasiswa STMIK-AMIK-STIE MDP menggelar kegiatan Festival Ramadhan dari tanggal 21-26 Mei 2018. Acara ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh kampus MDP setiap bulan Ramadhan. Dalam kegiatan tahun ini diisi dengan berbagai macam kegiatan, diantaranya adalah pasar bedug, Kajian islami, santunan serta berbuka puasa bersama.

    Pelaksanaan tahun ini dimulai dengan pembukaan pasar bedug yang diikuti oleh 24 stand yang menyajikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Stand-stand ini diisi oleh mahasiswa MDP yang sedang mengikuti mata kuliah Praktek Bisnis dan juga Kewirausahaan. Harapannya melalui kegiatan ini para mahaiswa dapat secara langsung mempraktekkan materi dan teori yang telah di dapatkan di kelas dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Selain itu, terdapat pula stand-stand yang diisi oleh masyarakat umum yang tertarik untuk menjual produk-produknya di Festival Ramadhan tahun ini. Berdasarkan hasil pantauan selama berlangsungnya kegiatan pasar beduk ini banyak masyarakat yang singgah untuk berbelanja makanan untuk dihidangkan bersama keluarga pada waktu berbuka puasa nanti. Ketika ditemui disela-sela aktivitas belanjanya, seorang pengunjung menyatakan bahwa kegiatan ini cukup membantu mereka untuk memenuhi makanan untuk berbuka puasa, karena kesibukan yang tidak memungkinkan mereka untuk memasak sendiri hidangan puasanya. Selain itu juga ditambahkan bahwa makanan yang di jual juga relatif bervariasi dan harga yang cukup terjangkau, jadi sangat membantu ujar pengunjung yang sempat di wawancarai. Pasar bedug yang dibuka dari jam 15:00-18:00 ini berlokasi tepat di depan kampus MDP Jalan  Rajawali No. 14 Palembang.

    Selain mengadakan pasar bedug, kegiatan Festival Ramadhan kali ini juga di isi dengan kajian agama islam yang mengadirkan Ustadz Drs. H. Ayik Ali Idrus yang sehari-hari merupakan ulama kota Palembang pada hari sabtu 26 Mei 2018 bertempat di Aula MDP. Dalam kajian yang disampaikannya, dikatakan bahwa puasa seharusnya membawa umat muslim menjadi pribadi-pribadi yang semakin bertaqwa, karena dengan demikianlah puasa yang dijalankan memiliki hasil yang baik. Selain itu, Ustad Ayik juga menyinggung terkait dengan saling menghormati sesama umat beragama agar Indonesia menjadi lebih maju lagi. Kegiatan kajian ini ditutup dengan berbuka puasa bersama civitas akademika MDP yang terdiri dari Dosen, Karyawan, Mahasiswa dan juga masyarakat di sekitar kampus MDP. Acara yang dihadir sekitar 300 orang ini juga dimeriahkan dengan lantunan lagu-lagu sayid dan juga lagu-lagu yang berasal dari grup musik hadroh. Pada acara ini juga diberikan bantuan Sembako bagi masyarakat yang ada di sekitar kampus MDP sebagai wujud dari perhatian  Civitas Akademika MDP terhadap masyarakat sekitarnya.

    Kegiatan ini menjadi lebih semarak lagi karena tidak hanya umat muslim yang berpartisipasi dalam Festival Ramadhan ini, namun beberapa panita mahasiswa dan dosen yang terlibat juga berasal dari agama lainnya, seperti Budha, Protestan, Katolik dan juga Hindu. Kondisi ini menunjukkan bahwa Kampus MDP adalah kampus yang menjunjung tinggi keberagaman dan saling menghormati sesama umat beragama. Hal yang seperti inilah sebenarnya sangat dibutuhkan oleh negara kita agar dapat maju dan bersaing dengan negara lainnya.

     

    Galeri Foto

Back to Top