Forum Investor Muda MDP

    Forum Investor Muda MDP

    Forum Investor Muda MDP

    Bertempat di Aula STMIK-AMIK-STIE MDP, kampus Inovasi minggu yang lalu kedatangan tamu istimewa. Mengapa demikian, acara yang di gagas oleh Galeri Investasi STIE MDP bekerjasama dengan IDX kantor perwakilan Palembang, menghadirkan seorang pembicara yang telah lama menggeluti trading saham dan sebagai analis bursa saham. Beliau adalah Bapak Yohanis Hans Kwee, SE, MA, ME, CSA®, CRP®, CTA®, CPM® PFMTM yang sehari-hari menjabat Direktur Utama, PT. Investa Saran Mandiri Jakarta. Bagi Yohanis Hans Kwee yang akrab di sapa Hans Kwee, Palembang bukanlah kota yang asing, karena sejak Sekolah Dasar sampai SMA dihabiskan Hans Kwee di Palembang, sebelum akhirnya melanjutkan kuliah di Bandung.
     
    Acara yang bertajuk Forum Investor Muda mengangkat topik Nabung di Saham Infrastruktur Yuk, merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas program yang telah dicanangkan oleh Kampus MDP bahwa semua mahasiswa dapat memiliki akun saham di Galeri Investasi. Tujuannya adalah untuk membiasakan mahasiswa dalam mengalokasikan uang yang mereka miliki menjadi asset yang lebih produktif. Sehingga ketika mereka menyelesaikan kuliah nantinya sudah memiliki modal yang dapat dimanfaatkan.
     
    Dalam seminarnya, Hans Kwee menerangkan bahwa peluang mendapatkan keuntungan di sektor infrastruktur sangat tinggi. Hal ini sejalan dengan kebutuhan pembiayaan infrastruktur dari pemerintah yang sangat besar dan mencapai sekitar Rp. 5.000 Trilyun. Kebutuhan dana ini hanya mampu dipenuhi skitar 1/3 nya saja dari pemerintah, sementara sisanya sebanyak 2/3 diperlukan peran masyarakat dalam berbagai bentuk. Misalkan perusahan swasta, BUMN dan BUMD serta masyarakat umum sekalipun dapat berperan serta. Kebutuhan dana infrastruktur telah mendorong saham-saham sektor ini mengalami kenaikan, hal ini disebabkan ekspektasi masyarakat terhadap keberhasilan program pembangunan infrastruktur.
     
    Beberapa saham yang dapat dijadikan pilihan dalam sektor infrastruktur antara lain perusahan konstruksi, pabrik semen, pabrik baja dan perusahaan-perusahaan lainnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan sektor ini. Lima emiten konstruksi yang dapat dijadikan pilihan antara lain; PT Pembangunan Perumahan Tbk. (PTPP), PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA) PT Waskita Karya Tbk. (WSKT), PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) dan PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) serta PT Adhi Karya Tbk. (ADHI).
     
    Dalam acara ini juga hadir kepala perwakilan IDX Palembang, Bapak Hari Mulyono, perwakilan dari UOB KayHian Sekuritas serta beberapa tamu undangan dan civitas akademika MDP lainnya. Acara berlangsung menarik dengan dipandu oleh dosen STIE MDP yang dalam kesehariannya juga merupakan investor di Galeri Investasi, yaitu Ibu Sri Megawati Elizabeth, M.Si. Dalam kesempatan ini pula mahasiswa cukup antusias dalam memberikan pertanyaan kepada Hans Kwee dan pihak IDX.
     
    Diharapkan acara ini dapat semakin meningkatkan minat mahasiswa dalam berinvestasi terutama investasi di bidang saham dan dapat dijadikan sebagai diversifikasi asset bagi mahasiswa. Yuk Nabung Saham (121074)

Back to Top