Press Release MDP Business Talk

    Press Release MDP Business Talk

    Press Release MDP Business Talk

    Sebagai  kampus yang memiliki perhatian lebih terhadap dunia wirausaha, kampus MDP terus melakukan inovasi-inovasi yang diharapkan dapat membantu perkembangan wirausaha, terutama dikalangan anak-anak muda. Wujud dari perhatian tersebut adalah dengan memasukkan matakuliah wirausaha dan bisnis bagi semua mahasiswa yang kuliah di lingkungan STMIK, AMIK dan STIE MDP. Selain melalui matakuliah, maka kampus MDP juga mengadakan seminar, pelatihan dan hal lainnya terkait dengan pengembangan wirausaha.
     
    Bersama PT. Pegadaian Area Palembang, pada hari Sabtu 28 Oktober 2017 bertempat di Aula Kampus MDP diadakan seminar yang mengambil topik akses permodalan bagi UMKM. Hadir sebagai pembicara adalah Deputi Area Palembang PT. Pegadaian (Persero) Bapak Tun Imanudin, SE.MM dan Ibu Sri Megawati Elizabeth, SE., M.Si dosen STIE MDP. Dalam acara ini dibahas bagaimana para pengusaha mendapatkan akses permodalan melalui berbagai sumber yang salah satunya adalah berasal dari PT. Pegadaian. Acara yang diikuti oleh sekitar 500 orang peserta yang terdiri dari pengusaha, mahasiswa dan masyarakat umum.
     
    Dalam paparannya, Sri Megawati mengatakan bahwa salah satu tantangan terbesar dalam pengembangan usaha adalah masih minimnya akses pengusaha terhadap pemodalan. Hal ini menjadi tantangan bagi pengusaha untuk dapat meyakinkan stake holder untuk memberikan pinjaman. Selain itu, masih belum tertatanya sistem administrasi pada UMKM menjadi hambatan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan akses pinjaman dari lembaga keuangan. Ditambahkan oleh Sri Megawati, namun, saat ini sebenarnya peluang untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai pihak sangat besar, selain melalui lembaga keuangan, sebenarnya para pelaku usaha juga bisa memanfaatkan dana CSR dari perusahan-perusahaan yang ada. Sementara itu, Tun Imanudin selaku Deputy Area PT. Pegadaian dalam paparannya mengatakan bahwa PT. Pegadaian juga memiliki fasilitas yang cukup banyak untuk dimanfaatkan oleh UMKM dalam pengembangan usahanya. Memang selama ini, image yang ada di masyarakat bahwa PT. Pegadaian hanya sebatas tempat menggadaikan barang saja, padahal banyak fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pengembangan usahanya, karena selama ini PT. Pegadaian memiliki perhatian lebih kepada para pelaku usaha. Hal ini juga di dukung oleh akses kantor cabang PT. Pegadaian yang tersebar sampai ke kecamatan-kecamatan.
     
    Acara yang dilaksanakan pada hari ini adalah rangkaian seminar yang dilaksanakan oleh Kampus MDP setiap bulan dengan mengusung berbagai tema. Diharapkan dengan seminar ini maka jiwa wirausaha bagi mahasiswa dan masyarakat umum semakin meningkat, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam mencetak para pengusaha-pengusaha baru. Direncanakan pada kegiatan bulan depan, acara yang di namakan MDP Business Talk akan membahas digital marketing yang akan menghadirkan GoFood sebagai salah satu pembicaranya.

Back to Top