Tax Goes To Campus

    Tax Goes To Campus

    Pemerintah saat ini memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan infrastruktur bagi masyarakat. Banyak kemajuan yang di rasakan dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut, misalkan jalur distribusi barang dan jasa menjadi lebih lancar, akses terhadap faktor produksi menjadi lebih mudah, pelayanan publik menjadi lebih baik serta hal-hal perbaikan lainnya yang mulai dirasakan oleh masyarakat.

    Namun pembangunan ini masih mengalami kendala dari aspek pembiayaan, banyak kegiatan pembangunan yang masih mengandalkan hutang atau pinjaman baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini terjadi karena pemerintah masih mengalami kesulitan dalam mengakumulasi pendapatan untuk pembiayaan pembangunan. Salah satu sektor penerimaan pemerintah yang menjadi andalan adalah penerimaan dari perpajakan. Namun, penerimaan dari sektor ini pun masih belum optimal, masih banyak potensi-potensi pajak yang belum tergarap dengan baik. Pemerintah sendiri melalui Direktorat Jendral Pajak (DJP) telah banyak mengeluarkan kebijakan dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak, beberapa tahun lalu kita mendengar Tax Amnesty yang merupakan terobosan dari Pemerintah melalui DJP untuk menjaring lebih banyak lagi pendapatan dari sektor perpajakan. Namun penerimaan perpajakan masih harus ditingkatkan dengan cara memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya pajak. Salah satu yang dilakukan oleh DJP adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama para objek pajak sehingga memiliki kesadaran dan kepatuhan yang meningkat dalam membayar pajak.

    Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palembang Ilir Timur bekerjasama dengan kampus MDP, pada tanggal 18 Oktober lalu mengadakan sosialisasi perpajakan melalui Tax Goes To Campus yang menyasar mahasiswa yang ada dikampus MDP. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 100 orang peserta baik mahasiswa maupun dosen ini dapat dijadikan media sosialisasi bagi DJP, khusunya KPP Palembang Ilir untuk menyampaikan betapa pentingnya peranan masyarakat dalam mensukseskan pembangunan melalui ketaatan pajak.

    Dalam sambutannya, perwakilan dari KPP Palembang Ilir Timur dalam hal ini diwakili oleh Ibu Rima selaku Kepala Sub bagian Umum dan Kepatuhan Internal mengatakan kesadaran membayar pajak harus di bangun sejak dini, sehingga target kepatuhan masyarakat dapat terus di tingkatkan selain itu melalui kegiatan ini, para mahasiswa sebagai "agent of change" juga dapat berperan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap pentingnya kepatuhan pajak. Sementara itu, bagi kampus MDP sendiri kegiatan ini dapat dijadikan tambahan informasi bagi mahasiswa diluar ilmu pengetahuan yang didapatkan di dalam kelas, sehingga wawasan terhadap pentingnya pajak dapat di pahami. Kampus MDP sendiri sebenarnya telah menjalin kerjasama dengan DJP melalui pendirian Tax Center. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tax Center Kampus MDP antara lain, seminar perpajakan, sosialisasi Tax Amnesty serta mahasiswa juga terlibat dalam membantu masyarakat untuk pengisian SPT. Melalui Tax Center ini juga kampus MDP berusaha untuk mendampingi pelaku usaha (UMKM) yang memiliki kesulitan dalam perhitungan, pengisian dan pelaporan pajak, dengan demikian kampus MDP dapat berperan aktif membantu pemerintah dalam rangka peningkatan penerimaan pajak.

    Acara Tax Goes To Campus ini diisi dengan seminar terkait dengan peran pajak dalam pembangunan dan juga beberapa permainan bagi para peserta sehingga menarik untuk diikuti oleh para mahasiswa dan dosen MDP. Semoga melalui kegiatan ini kesadaran masyarakat akan pentingnya kepatuhan melaporkan dan membayar pajak semakin meningkat sehingga cita-cita masyarakat Indonesia untuk mandiri dalam pembiayaan pembangunan dapat tercapai. (121074)

Back to Top