Teknik Komputer

Konsentrasi pada disain dan konstruksi software maupun hardware dari sebuah sistem dengan disiplin yang beragam seperti jaringan komputer,  internet, pemrograman yang bersifat embedded, Robotika, sistem digital serta sistem kendali.

Program Studi Teknik Komputer memberikan pemahaman, ketrampilan dan kompetensi praktis bagi mahasiswa untuk merancang dan mengimplementasikan software maupun hardware, termasuk perangkat baru dengan atau untuk komputer serta mengembangkan metode baru yang efektif untuk mengatasi permasalahan otomatisasi.

Visi

Program Studi Teknik Komputer Menjadi Program Studi unggulan tingkat nasional dalam bidang Perancangan dan Pengembangan Perangkat Keras serta Jaringan Komputer pada tahun 2020.
 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu melalui manajemen mutu terpadu ISO 9001:2008
  2. Menyelenggarakan penelitian dan karya inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan bidang Teknik Komputer.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara nyata dengan menerapkan Teknologi Informasi yang dapat mendorong pengembangan pengetahuan masyarakat.
  4. Menciptakan suasana akademis yang kondusif, mendorong inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan teknologi.
     

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pada bidang Perancangan dan Pengembangan Perangkat Keras serta Jaringan Komputer,
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu berkarya di bidang Teknik Komputer
  3. Menghasilkan karya-karya yang diakui baik secara nasional maupun internasional melalui penelitian, pengabdian masyarakat dan program kreativitas mahasiswa di bidang Teknik Komputer.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengamalkan keahliannya di bidang Teknik Komputer yang bermanfaat bagi masyarakat serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan. 
 
Prospek: 
  1. IT Support: Mampu melakukan pemeliharaan, pelacakkan dan perbaikkan kerusakkan pada sistem komputer secara sistematis.
  2. Embedded System:Mampu merancang dan membuat sistem instrumentasi dan kontrol elektronik berbasis komputer atau mikrokontroller secara terstruktur.
  3. Administrasi Jaringan :Mampu merancang, membangun, mengelola dan memelihara sistem jaringan komputer secara efisien.
  4. Kewirausahaan :Mampu mengembangkan usaha yang bergerak dibidang IT khususnya Teknik Komputer dan jaringan komputer.
Back to Top